NASIONAL

Ini Profil Calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa

JAKARTA, SUARAPEMBARUAN.NEWS – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal Andika Perkasa dipilih Presiden Joko Widodo sebagai calon Panglima TNI yang baru. Ia akan menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan memasuki masa pensiun dari Panglima TNI.

Andika sendiri merupakan lulusan akademi militer pada 1987 dengan pangkat Letnan Dua. Pria kelahiran Bandung pada 21 Desember 1964 ini merupakan menantu dari mantan Kepala Badan Intelijen Negara A.M Hendropriyono.

Andika ternyata pernah mengenyam pendidikan S1 jurusan Ekonomi di dalam negeri. Selain itu, gelar S2 dan S3 nya ia dapatkan dari The George Washington University, National Defense University, serta Harvard University.

Baca Juga :  Separatis Teroris Papua serang Distrik Gome

Andika pernah ditugaskan di satuan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) selama berdinas di militer. Misalnya, dia pernah menjabat Dansub Tim 2 Detasemen 81 Kopassus, Den 81 Kopassus, Danden-621 Yon 52 Grup 2 Kopassus, Pama Kopassus, hingga Pamen Kopassus (1998).

Berbagai posisi sempat diemban Andika sebelum menjabat Kepala Staf Angkatan Darat TNI, antara lain:

2014
Komandan Pasukan Pengaman Presiden (Danpaspampres)
2016
Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad)
2018
Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan, dan Latihan Angkatan Darat (Dankodiklatad). Hingga ia menjadi Kepala Staf Angkatan Darat.

Baca Juga :  Komnas Perempuan: Butuh Keseriusan, Perbaiki Sistem Pembuktian Kasus Kekerasan Seksual

Suami dari Diah Erwiany ini pgemar berolahraga gym untuk meningkatkan kebugaran tubuhnya.

Editor: Bangun Lubis

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button