REGIONAL

Penduduk Bengkulu Telah Divaksin Covid-19 di Atas 1 Juta Jiwa

Bengkulu, suarapembaruan.news – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni mengatakan, hingga saat ini tercatat sebanyak 1.019.901 jiwa atau 65,84 persen dari 1.553.792 jiwa penduduk Bengkulu, sudah mendapatkan suntikan vaksin dosis pertama.

Sedangkan masyarakat Bengkulu, yang sudah mendapatkan suntikan vaksin dosis kedua tercatat sebanyak 33,68 persen atau 523.348 jiwa dari target sebanyak 1.553.792 jiwa dan capaian vaksinasi dosis ketiga sebanyak 60,35 persen atau sebanyak 9.337 jiwa dari sasaran tenaga kesehatan (nakes) di daerah ini.

“Alhamdulillah dan bersyukur sekali pelaksanaan capaian vaksinasi Covid-19 di Bengkulu, sudah mendekati target nasional minimal sebesar 70 persen dari jumlah masyarakat wajib vaksin sebanyak 1,5 juta jiwa lebih. Ini tercapai berkat kerja keras semua pihak yang terlibat dalam pemberuan vaksinasi di Bengkulu,” kata Herwan Antoni, di Bengkulu, Kamis (9/12/2021).

Ia mengatakan, angka capaian vaksinasi dosis pertama, kedua dan ketiga di Bengkulu, akan terus meningkat, terutama dosis dua dan tiga karena saat ini pelaksanaan serbuan vaksinasi massal Covid-19 di 10 kabupaten dan kota masih berlangsung hingga akhir Desember mendatang.

Selain itu, seluruh puskesmas di 10 kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu, diminta aktif melayani penyuntikan vaksin Covid-19 kepada masyarakat di daerah masing-masing. Setiap puskesmas disiapkan dosis vaksin antara 50-100 dosis per hari.

Demikian pula pemberian vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat masih berlangsung di seluruh rumah sakit pemeritah, rumah sakit swasta, RS Bhayangkara, RS DKT, Klinik kesehatan, dan Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Dinkes Bengkulu.

“Fasilitas kesehatan ini setiap harinya masih melayani masyarakat Bengkulu, untuk diberikan suntikan vaksin Covid-19. Hal ini dilakukan agar masyarakat Bengkulu, yang sudah disuntik vaksin semkin banyak, sehingga penyebaran virus corona di daerah ini semakin melandai,” ujarnya.

Baca Juga :  Jateng Provinsi Termiskin di Pulau Jawa? Ini Penjelasan Kepala BPS Jawa Tengah

Selain itu, gencarnya pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dosis pertama dan kedua di Bengkulu, dimaksudkan untuk mencapai target 70 persen warga tervaksin Covid-19 hingga akhir Desember 2021 mendatang.

Upaya ini juga dilakukan jajaran Dinkes, TNI, Polri dan PMI Bengkulu, untuk mengantisipasi ancaman lonjakan kasus Covid-19 pascalibur Natal dan Tahun Baru 2022 di daerah ini.

Dengan tingginya angka capaian pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Bengkulu, maka ancaman terjadi lonjakan kasus positif virus corona setelah libur Natal dan Tahun Baru 2021 di daerah ini dapat dikendalikan.

Karena itu, sisa waktu tahun 2021 pada bulan Desember ini digunakan sebaik mungkin untuk melaksanakan kegiatan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat di 10 kabupaten dan kota yang ada di daerah ini.

“Jika melihat antusias masyarakat datang ke setiap lokasi serbuan vaksinasi Covid-19, kami optimistis target 70 persen masyarakat Bengkulu sudah diberikan suntikan vaksin pada akhir Desember 2021 nanti,” ujarnya.

Herwan mengakui, sejak tiga bulan belakangan minat masyarakat Bengkulu, untuk bersedia disuntik vaksin Covid-19 semakin tinggi sehingga angka capaian vaksinasi di daerah ini terus meningkat setiap harinya.

Bahkan, dalam waktu dekat ini, Dinkes Bengkulu akan menggelar kembali vaksinasi massal dengan sasaran sebanyak 40.000 masyarakat di 10 kabupaten dan kota. Kegiatan vaksinasi massal ini selain untuk mengejar target juga mengantisipasi vaksin kedaluwarsa.

Baca Juga :  Pengunjung Malioboro Wajib Vaksin, Jika Belum, Langsung Divaksin

Gelar Vaksinasi Massal

Sementara itu, Ketua PMI Provinsi Bengkulu, Asnawi A Lamat mengatakan, untuk menyukseskan program pemerintah pihaknya, Rabu (8/12/2021), kembali menggelar vaksinasi massal tahap ketiga dengan sasaran sebanyak 300 orang warga Kota Bengkulu.

Sebelumnya, PMI Bengkulu telah menggelar vaksinasi massal dengan sasaran 50.000 orang dan vaksinasi tahap kedua pada awal Desember lalu dengan menyediakan sebanyak 500 dosis.

“Seluruh dosis yang kita siapkan pada vaksinasi massal tahap pertama dan kedua habis disuntikan ke masyarakat setempat. Demikian pula pada vaksinasi tahap ketiga hari ini dengan menyiapkan sebanyak 300 dosis juga habis terpakai disuntikan ke masyarakat,” ujarnya.

Mantan Sekda Provinsi Bengkulu ini menambahkan, masyarakat divaksin di Markas PMI Bengkulu, baik tahap kedua dan tiga pulang diberikan diberikan bantuan paket sembako berupa minyak goreng, tepung terigu, gula pasir, sarden dan jenis sembako lainnya.

Pemberian bantuan sembako kepada masyarakat yang sudah mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 sebagai apresiasi dan ucapan terima kasih kepada masyarakat yang bersedia disuntik vaksin guna menghentikan penyebaran virus corona di Provinsi Bengkulu.

Asnawi mengakui kesadaran masyarakat Bengkulu, untuk bersedia diberikan suntikan vaksin terus meningkat. Hal ini terbukti setiap kali ada kegiatan serbuan vaksin massal baik yang digelar Dinkes, TNI, Polri, PMI dan instansi lainnya di daerah ini selalu ramai didatangi masyarakat untuk mendapatkan suntikan vaksin tersebut.

Karena itu, pihaknya optimistis target 70 persen dari 1,5 juta lebih masyarakat wajib vaksin di Bengkulu, dapat direalisasikan 100 persen pada akhir Desember mendatang.(SPnews/Usmin)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button