REGIONAL

Khofifah Minta Vaksinasi Bagi Anak Usia 6-11 Tahun Dipercepat

Kejar Pembelajaran Tatap Muka Tahun 2022

Surabaya, suarapembaruan.news-Percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun di Jawa Timur, akan membantu pemerintah dalam mempersiapkan pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) Tahun 2022.

“Hari ini adalah hari pertama vaksinasi untuk anak-anak umur 6 sampai 11 tahun. Semoga ikhtiar ini dapat mempercepat pula PTM secara keseluruhan di Jawa Timur,” ujar Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, di SDN Kaliasin 1, Kota Surabaya, Rabu, (15/12/2021).

Adapun jenis vaksin yang diberikan kepada anak-anak usia 6-11 tahun adalah Sinovac dengan dosis 0,5 mg.

Vaksinasi ini, dilakukan serentak di lima kabupaten/kota, yakni Kota Surabaya sebanyak 25 .741 siswa di 116 SD , Kabupaten Banyuwangi, 739 siswa , Kabupaten Ngawi 300 siswa, Kabupaten Pacitan 30 siswa dan Kabupaten Lamongan 90 siswa.

Baca Juga :  Khofifah Minta Relawan Penanganan APG Semeru Turut Mendata Pengungsi Yang Belum Divaksin

“Jadi, jumlah total vaksin yang diberikan kepada anak usia 6-11 tahun di lima daerah hari ini sebanyak 27.322 siswa,” katanya.

Selain di lima kabupaten/kota, pelaksanaan vaksin mulai Kamis besuk akan dilaksanakan bagi anak usia 6-11 tahun di 21 kabupaten/kota dengan mengacu pada capaian target vaksinasi umum mencapai minimal 70 persen dan vaksinasi lansia mencapai 60 persen minimal.

Berdasarkan data Kemenkes RI dua hari yang lalu, tercatat 21 daerah capaian vaksin sudah di atas 70% untuk umum dan 60% minimal untuk lansia.

Data ini terus bergerak seiring dengan pergerakan capaian vaksinasi di seluruh kabupaten/kota.

Melihat antusias pemerintah di masing-masing kab/kota, Khofifah optimistis vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun bakal berjalan cepat.

Baca Juga :  Kasus Covid-19 di Jambi Meningkat Lagi, Satgas Covid-19 Diaktifkan Hingga ke Tingkat Desa

Ia, mengajak peran serta orang tua agar mendukung pelaksanaan vaksinasi bagi anak-anaknya.

Hal ini perlu diingatkan agar ketika pemerintah mulai menjalankan Pembelajaran Tatap Muka (PTM), mereka sudah siap kembali ke sekolah.

Selain itu, PTM memberikan efektivitas yang sangat tinggi bagi anak didik dalam mencapai prestasi akademik maupun non akademik.

Dalam kesempatan tersebut Khofifah juga mengapresiasi kinerja Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi yang bergerak cepat merespon pelaksanaan vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun.

Dijelaskan, secara keseluruhan, jumlah vaksin untuk anak usia ini di Jawa Timur, sebanyak 27.322. Dari total jumlah vaksin tersebut 25 . 741 vaksin ada di Surabaya. (SPnews/Teguh LR)

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button