NASIONAL

Pemerintah Pastikan Hunian Sementara dan Tetap APG Semeru Segera Dibangun

Surabaya, suarapembaruan.news – Wakil Presiden Ma’ruf Amin memastikan, seluruh perbaikan insfrastruktur dan fasilitas umum pasca terjadinya awan panas guguran (APG) Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur, tertangani dengan baik.

“Melalui kementerian PUPR kami akan pastikan perbaikan insfrastruktur dan fasilitas umum bisa dilakukan percepatan. Juga dengan pendirian hunian sementara. Karena saat ini lahannya sudah siap,” kata Ma’ruf Amin, dalam Video Conference guna mengupdate penanganan pasca terjadinya APG, di VIP Room Bandara Internasional Juanda Surabaya, di Sidoarjo, Kamis (16/12/2021).

Sebelumnya, Wapres dijadwalkan mengunjungi dua titik terdampak Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru di Posko Pengungsian Terpadu Penanggal dan Kampung Renteng di Kecanatan Candipuro Kamis (16/12/2021) siang.

Namun pada pukul 09.30 WIB Gunung Semeru kembali mengeluarkan APG . Berdasarkan informasi, Pos Pantau Gunung Sawur jarak luncur diperkirakan turun hingga jarak 3,8 km dari gunung kabut ke arah Besuk Kobokan.

Baca Juga :  Kasad: Paham Radikal Berkembang Pesat

Menurut Wapres, berdasarkan informasi yang bersifat sementara terkait hunian akan terus dibahas dan dirancang, baik secara hunian sementara ataupun relokasi serta hunian tetap.

Tujuannya, untuk memberikan ketenangan kepada masyarakat terhadap masa depan tempat tinggal pasca APG.

Kementerian PUPR telah selesai membuat pendataan dan titik lokasi yang akan dibuatkan untuk masyarakat terkait tempat tinggal sudah selesai. Keputusan juga sudah ditetapkan dan rencana pembangunan akan segera dilaksanakan oleh Kementrian PUPR terkait jalan, jembatan hingga rumah hunian sementara.

Dikatakan, Pemerintah Pusat melalui Menteri KLHK telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Penggunaan Kawasan Hutan (PKH) yang berisi persetujuan penggunana lahan milik Perhutani seluas 90,98 ha sesuai SK Nomor 1256/MENLHK/ SETJEN/ PLA:/12/2021.

“Insya Allah tempat tinggal akan dibangun, jalan juga akan dibangun. Kami harap warga tetap sabar dan menunggu. Jangan khawatir, kami akan menyelesaikan persoalan ini,” kata Wapres.

Baca Juga :  Jusuf Kalla : Harus Siap Hadapi Gelombang III Pandemi Covid -19

Wakil Presiden juga mengapresiasi penyiapan Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum (PSU) guna relokasi masyarakat terdampak APG Semeru yang telah diinisiasi oleh Bupati Lumajang Thoriqul Haq.

Warga terdampak APG Semeru diminta Wapres, untuk tidak panik dan tetap berada dalam zona aman. Karena Pemerintah berkomitmen penuh memberikan penanganan dan solusi bagi masyarakat terdampak.

Utamanaya dalam hal relokasi rumah dan penyediaan insfrastruktur.

Sementara itu, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengucap syukur alhamdulillah, bahwa surat keputusan (SK) dari menteri KLHK sudah diterbitkan kemarin malam (15/12/2021). Dalam SK tersebut, telah disiapkan lahan 90,98 hektar di dua titik di Candipuro dan Pronojiwo.

Mantan menteri sosial ini berharap, agar kepastian adanya hunian ini dapat memberikan ketenangan bagi para pengungsi, dan memberikan kembali semangat untuk dapat segera pulih sosial ekonominya. (SPnews/Teguh LR)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button