PENDIDIKAN

Mahasiswa UMM Juara Taekwondo Internasional

Malang, suarapembaruannews – Jelang akhir tahun, nama Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali harum di kancah internasional. Kali ini, Muhammad Rifqi Athallah mahasiswa Fakultas Hukum (FH) UMM, meraih medali perak pada kejuaraan Taekwon-do Virtual Tul Championship 2021. Adapun event ini diselenggarakan oleh Taekwondo-International Taekwondo Federations (ITF) Malaysia dan Hongkong yang dilaksanakan dari bulan November hingga awal Desember lalu secara daring.

Rifqi, sapaan akrabnya menceritakan bahwa ini adalah penglaman pertamanya mengikuti perlombaan kategori seni. Sebelumnya, ia lebih sering mengikuti kompetisi dengan kategori tarung. “Ini menjadi pengalaman yang menarik karena percobaan pertama saya untuk turut serta berlomba di kategori seni,” ujarnya.

Dalam perlombaan itu, Rifqi diharuskan untuk mengambil video saat sedang melakukan gerakan-gerakan taekwondo. Jadi, tidak hanya bagaimana ia melakukan Gerakan saja, tapi ia harus memperhatikan Teknik pengambil video agar bisa mendapat hasil yang maksimal.

Baca Juga :  Mahasiswa UMM Edukasi Petani Tengger Teknik Stek Benih Kentang

Menurut pengkuannya, ada beberapa halangan yang dihadapi ketika pengambilan gambar. Utamanya rasa gugup dan kurangnya rasa percaya diri yang sempat dirasakan. Hal itu berakibat pada pengambilan video yang berulang-ulang. Beruntung, ia tetap sabar melakukannya hingga memperagakan Gerakan yang bagus.

“Kejuaraan ini adalah perlombaan pertama yang saya ikuti secara virtual, apalagi levelnya sudah internasional. Tentu ada rasa gugup dan tidak percaya diri di awal,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa kompetisi yang ia ikuti sedikit berbeda dengan lomba taekwondo pada umumnya yang mengikuti aturan World Taekwondo Federation (WTF). Sementara yang ia ikuti adalah kompetisi yang diadakan oleh ITF. Meski sama-sama taekwondo, kedua aliran ini memiliki perbedaan dan ciri khas masing-masing. ITF memiliki ciri khas dalam memperkuat pertahanan diri sedangkan aliran WTF cenderung kepada serangan.

Baca Juga :  Mahasiswa UMM Wakili Indonesia di IPSF Mesir

Mahasiswa asli Malang ini tidak menyangka meraih juara, melihat persaingan ketat di kancah mancanegara. Dukungan pelatih dan rekan-rekannya menguatkan tekad Rifqi untuk bertahan dan bresaing dengan peserta lain. Diiringi dengan ikhtiar dan do’a, ia berhasil menyabet medali perak di kejuaraan internasional taekwondo ITF.

Rifqi berharap bisa lebih sering lagi mengikuti kejuaraan, khususnya di kategori seni. Meski ia juga suka dengan kategori pertarungan, namun dalam kategori seni tiap Gerakan memiliki filosofi tersendiri. Ada sensasi menyenangkan ketika memperagakan Gerakan-gerakan tersebut. “Kategori seni juga tidak kalah menarik dengan kategori pertarungan. Semoga kemenangan say aini bisa memotivasi mahasiswa lain untuk berprestasi,” ucapnya. (SPnews/Aries Sudiono)

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button