NASIONAL

Pemprov Jatim MOU Dengan IPB Untuk Penguatan One Village One CEO

Bogor, suarapembaruan.news – Pemerintah Provinsi Jawa Timur menandatangani Nota Kesepahaman dengan Institut Pertanian Bogor (IPB). MoU berisi kerja sama di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian Kepada Masyarakat dan pengembangan sumber daya manusia.

Nota kesepahaman tersebut ditandatangani Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Rektor IPB Prof. Dr. Arif Satria, SP. M.Si di Gedung Rektorat Andi Hakim Nasoetion Kampus Dramaga Bogor, Sabtu (22/1/2022).

Khofifah mengatakan, penandatanganan MoU merupakan upaya dari Pemprov Jatim, untuk mempercepat peningkatan kualitas SDM di Jatim. Selain itu juga untuk mendapatkan penguatan program _One Village One CEO_.

“KIta ingin memberikan penguatan utamanya bagi peningkatan pendidikan dan kualitas SDM. Nanti tindak lanjutnya bisa menunjang terwujudnya One Village One CEO. Ini menjadi sangat penting karena pada dasarnya BUMDes di Jawa Timur ini sudah relatif bagus. Apalagi kalau ada penguatan CEO-nya, saya rasa akan melaju lebih kencang lagi,” kata Khofifah.

Dikatakan, One Village One CEO adalah sebuah program yang akan mampu mengidentifikasi lebih detail kekhususan yang dimilki sebuah desa dengan managerial skill yang lebih bagus.

Baca Juga :  KPK Rekomendasikan Penyelamatan 7 Aset Negara di Makassar

Harapannya, ke depan akan dapat mendorong desa tersebut menjadi desa maju mandiri.

Program ini, lanjut dia, melibatkan penuh perguruan tinggi untuk membantu desa dalam mengembangkan potensi, menggali ide, menganalisis lingkungan dan juga membantu para pelaku ekonomi di desa untuk merencanakan bisnis berbasis potensi desa.

Sementara itu, Rektor IPB Arif Satria menyampaikan penandatanganan MoU ini adalah bagian dari upaya penguatan kerjasama antara IPB dan Pemprov Jatim untuk pembangunan pertanian di Jawa Timur.

Arif mengatakan, selama ini kerjasama antara IPB dan Jawa Timur telah berlangsung lama dan berjalan cukup baik. Diantaranya, pengembangan varietas padi IPB3S di Banyuwangi, Malang dan Blitar.

Inovasi nanas, pengembangan sekolah peternakan rakyat di Bojonegoro dan Jombang, teknologi fine Buble untuk udang, dan inovasi untuk limbah plastik diolah dengan teknologi dari IPB menjadi sumur resapan di Lamongan.

“Ini saatnya kita memperkuat kerja sama lagi antara IPB dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk pembangunan pertanian di Jawa Timur,” ujar Arif.

Baca Juga :  PMI Kembangkan Pembangunan Fasilitas Kesehatan di Daerah, Klinik PMI di Jambi Resmi Beroperasi

“Dengan adanya desa ekspor dan one village one CEO ini akan semakin banyak pusat-pusat pertumbuhan baru di desa dan baru akan dirasakan oleh masyarakat dan masyarakat semakin sejahtera dengan program ini,” harapnya.

Usai melakukan penandatanganan MoU tersebut, Gubernur Khofifah bersama rombongan dari Jatim diajak Rektor IPB meninjau beberapa lokasi di kampus ITB, diantaranya Teaching Industry Broiler Closed House, Rumah Kompos, Kebun Pendidikan (Teaching Farm) dan Agribusiness And Technology Park.

Dalam keterangan tertulis, Kepala Biro Administrasi Pimpinan Pemprov Jatim, Ali Kunciro mengatakan, hadir dalam acara tersebut para Wakil Rektor dan Dekan Fakultas di IPB, dan sejumlah kepala OPD Jatim antara lain Ka. BPSDM, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Perkebunan, Kepala Dinas Perikana dan Kelautan, Kepala Dinas Peternakan, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Kepala Biro Perekonomian dan Kepala Biro Pemerintahan dan Otda Setda Provinsi Jatim. (SPnews/Teguh LR)

Related Articles

One Comment

  1. Dear gentlemen!
    Systematically visiting the four hands massage for clients, you guarantee himself excellent sexual relaxation.
    In school sensual massage women will hold erotic 4hands massage. Similar swedish massage, as in principle, and relaxation, influences on some area human body, this give a chance male gain strength.
    The energy massage inSoho it today skill give away bliss. The Soapy massage – on the influence on clients is meant practically unlimited available opportunities actions on bodily, and consequently, and psychoemotional state of health friends.
    And while, french massage and not violates practically any prohibitions, for the reason it's not about sexual contact.

    [url=https://massage3.doodlekit.com]125 русскоязычных блогов по интернет маркетингу seo Пикабу[/url]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button