NASIONAL

Gubernur Bengkulu Tanam Pohon Kayu Bawang di Titik Nol IKN

Bengkulu, suarapembaruan.news Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah bersama gubernur lainnya se-Indonesia. ikut melakukan penanaman pohon di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Senin (14/3/2022).

Acara menanam pohon dilakukan usai prosesi penyatuan tanah dan air dari seluruh provinsi di Indonesia. Pada kesempatan ini, Gubernur Rohidin menanam pohon Kayu Bawang sebagai kayu khas daerah dari Provinsi Bengkulu.

Rohidin mengatakan, dengan penanaman pohon kayu bawang tersebut, menjadi simbol kehidupan yang akan dimulai di wilayah Ibu Kota Negara Indonesia yang baru. “Kita sama-sama berharap penanaman pohon kayu bawang ini menjadi simbol kehidupan baru di IKN Nusantara,” jelasnya.

Sementara Presiden Jokowi sendiri menanam pohon kayu Meranti Merah, dan Ibu Negara Iriana Jokowi menanam phon Kamper. Sedangkan para kepala daerah lainnya menanam pohon khas masing-masing daerah.

Siap Berkontribusi

Gubernur Rohidin menambahkanm , Bumi Rafflesia sebagai tempat lahirnya Ibu Negara pertama Indonesia, yaitu Ibu Agung Fatmawati Soekarno secara historikal jelas akan memberikan kontribusi terbaik atas terbentuknya Ibu Kota Negara Indonesia yang baru di Pesisir Timur Pulau Kalimantan.

Baca Juga :  Presiden Resmikan Food Estate Berbasis Mangga dan Taksi Alsintan di Gresik

“Saya mewakili masyarakat Bengkulu, jelas merasa bangga dan siap berkontribusi terbaik bagi Ibukota Negara Indonesia yang baru. Kami juga telah meletakkan tanah dan air dari Bengkulu sebagai simbol kebersamaan dalam rajutan NKRI,” kata Gubernur Rohidin dalam siaran pers yang diterima SP.news.

Gubernur Rohidin menilai, keberadaan IKN di pesisir timur pulau Kalimantan Timur tentu dengan pertimbangan yang sangat mendalam. “Kota di sini sudah berkembang, dari sisi bencana relatif kecil, seperti tsunami dan letak gunung berapi yang jauh, serta  masyarakatnya sangat heterogen,” tambahnya.

Selain itu, Pemerintah Pusat juga menunjuk Balik Papan sebagai lokasi sementara Kantor Kepala Kawasan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Balik Papan kita ketahui merupakan kota besar dan dekat dengan Samarinda. Beberapa infrastruktur sudah tersedia, seperti jalan Tol Balik Papan-Samarinda, dan Trans Kalimantan. Bandara ada di Balik Papan dan Samarinda. Begitu pula dengan pelabuhan Peti Kemas di Kariangau, dan pelabuhan Semayang, keduanya ada Balik Papan,” kata mantan Wakil Bupati Bengkulu Selatan ini.

Baca Juga :  Tinjau Pasar Muntilan, Kapolri Minta Pedagang Laporkan Jika Distribusi Minyak Curah Terganggu

Gubernur Rohidin berharap dengan keberadaan IKN di Balik Papan, maka pelaksanaan pemindahan ibu kota segera terwujud.    “Keluarga Besar Sriwijaya di Kalimantan Timur dapat ikut berperan aktif dan mengambil bagian dalam pembangunan IKN sesuai dengan profesi dan tugas kita masing-masing,” ujarnya.

Berakulturasi dengan masyarakat lokal, katanya mengusung kesatuan, kebersamaan serta keunggulan, sehingga kita sebagai bangsa yang majemuk akan semakin solid.

Gubernur Rohidin dalam kunjungan kerjanya ke Kaltim menyempatkan diri menghadiri acara silaturahmi Ikatan Keluarga Besar (Ikabes) Sriwijaya di Kalimantan Timur. (SPnews/Usmin)

 

 

 

 

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button