EKONOMIPENDIDIKAN

BSI dan UNSRI Berkolaborasi Guna Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah

BSI terus mendorong kolaborasi dengan kampus-kampus di seluruh Indonesia

SuaraPembaruan.News, Palembang –  PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) menunjukan komitmennya dalam peningkatan inklusi keuangan syariah ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama dengan Universitas Sriwijaya (UNSRI).

Penandatanganan dengan lembaga pendidikan ini bagian dari dukungan dalam memberikan kemudahan layanan pembayaran UKT mahasiswa UNSRI.

PKS tentang Layanan Pembayaran Biaya Pendidikan Melalui Fasilitas BSI Pembayaran Institusi (BPI) Host to Host ini ditandatangani oleh Direktur Retail Banking BSI Kokok Alun Akbar dan Wakil Rektor Universitas Sriwijaya Bidang Perencanaan & Kerjasama Prof. Dr. Ir. Muhammad Said, M.Sc.

Terkait kerja sama strategis tersebut, Alun mengatakan bila kolaborasi dengan sektor pendidikan saat ini menjadi salah satu yang sedang digenjot oleh BSI, salah satunya dengan pihak kampus. Hal ini tidak lepas peran kampus dalam menciptakan generasi muda yang kompeten dan menjadi penerus bangsa.

“BSI terus mendorong kolaborasi dengan kampus-kampus di seluruh Indonesia. Salah satu bentuk kolaborasi yang terus dilakukan BSI diantaranya mengambil peran dari sisi pendampingan literasi syariah, dan mitra perbankan serta dukungan untuk digitalisasi di lingkungan kampus”, kata Alun. Kamis (17/03).

Baca Juga :  500 Siswa Program Afirmasi ADEM Papua Ikut Penguatan Wawasan Kebangsaan dan Profil Pelajar Pancasila

Perjanjian Kerjasama ini bertujuan, lanjut Kokok, memberi kemudahan kepada pihak UNSRI yang akan menggunakan layanan jasa dan produk perbankan syariah. Selain itu, untuk menyinergikan dan mengoptimalkan potensi dan sumber daya kedua belah pihak dalam rangka pengembangan kelembagaan, dan pengembangan sumber daya manusia.

Kerja sama ini menjadi lanjutan kerjasama Nota Kesepahaman antara BSI dengan UNSRI yang telah ditandatangani tahun lalu. Selain itu BSI juga membuka kesempatan magang, pelatihan bagi mahasiswa dan mahasiswi UNSRI maupun kerja sama lainnya,” ujar Alun menambahkan.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Rektor Universitas Sriwijaya Bidang Perencanaan & Kerjasama Muhammad Said menyampaikan apresiasi kepada BSI, harapannya dengan adanya kerjasama ini semakin mengokohkan peran bank syariah di kampus UNSRI”, ucapnya.

Baca Juga :  Dosen dan Mahasiswa Pascasarjana UI Berkunjung ke Yaboi

“Selain itu, yang tak kalah penting dari penandatanganan Perjanjian Kerjasama ini adalah adanya dukungan penuh BSI terhadap pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Karena mahasiswa kami berkesempatan langsung belajar dari SDM professional yang sesuai bidangnya di BSI melalui Program Kampus Merdeka,” ujarnya.

Kerjasama ini meliputi pengelolaan pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) untuk sekitar 36.000 mahasiswa aktif UNSRI, layanan Cash Management System (CMS) BSI untuk operasional kampus, potensi payroll dan pembiayaan berbasis syariah.

Dalam acara tersebut dilakukan penyerahan secara simbolis Program BSI Scholarship Prestasi “Sharia Young Leader Indonesia”, yaitu program beasiswa mahasiswa UNSRI berprestasi untuk membentuk pemimpin masa depan umat yang berkarakter, amanah dan mampu berkontribusi membangun keumatan khususnya di bidang industri ekonomi syariah.

▪︎Bangun Lubis

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button