OLAHRAGA

WIM Dewi Citra Menjadi Pecatur Pertama Meraih Medali Emas SEA Games ke-30 Vietnam 2020

Jakarta, suarapembaruan.news – Pecatur putri Indonesia WIM Dewi Ardhiani Anastasia Citra berhasil merebut medali emas pertama cabang catur bagi tim Indonesia setelah bermain remis dari WGM Janelle Mae Frayna dari Filipina.

Laporan Kristianus Leam, Ketua Bidang Pembinaan PB Percasi (Persatuan Catur Seluruh Indonesia) dari Vietnam menyebutkan, remis partai antara kedunya ini terjadi pada langkah ke-30 babak terakhir nomor catur klasik SEA Games ke-31 di Gedung Quang Ninh Exhibition Center, Halong City, Vietnam Minggu (15/5/2022).

Dewi Citra berhasil mengumpulkan 7 poin dari 9 babak. Hasil tersebut, selain meraih medali emas bagi kontingen Indonesia, kemenangan ini juga memastikan bagi pecatur berwajah cantik ini untuk merebut Norma WGM ketiga atau terakhirnya.

Baca Juga :  Gubernur Jatim Beri Penghargaan Kepada Juara Wushu Internasional asal Surabaya

Dewi Citra pernah mencapai rating 2300 dalam live rating pada turnamen Third Saturday di Novisad, Serbia tahun 2017. PB Percasi hanya perlu mengklaim ke FIDE dan melampirkan data-data pendukungnya.

Dengan demikian Citra akan menjadi WGM ketiga Indonesia setelah Irene dan Medina. Prestasi dan hadiah yang luar biasa bagi Indonesia, karena pada tanggal 15 Mei ini merupakan hari ulang tahun Dewi Citra yang ke-28.

Selamat ulang tahun Citra! Jayalah catur Indonesia! Medali perak catur klasik wanita masih mungkin direbut pecatur Indonesia lainnya IM Irene Kharisma Sukandar yang saat berita ini ini diturunkan masih bertanding lawan WIM Azhar Puteri Munajjah Az-Zajraa dari Malaysia.

Sementara di bagian putra, harapan Indonesia IM Mohamad Ervan untuk merebut medali masih tergantung hasil babak terakhir melawan GM Tran Tuan Minh (PHI). Hal ini disebabakan pada babak 7 dan 8 Ervan hanya berhasil meraih 1,5 angka, ia remis dari IM Daniel Quizon (PHI) dan menang atas IM Nay Oo Kyaw Tun (MYR).

Baca Juga :  Pecatur Putra Putri Indonesia Mencetak Hasil Gemilang di SEA Games Vietnam 2022

Kini posisi Ervan dalam klasemen sementara turun ke urutan 3 sebab saingan utamanya GM Nguyen Ngoc Truong Son (VIE) dan IM Yeoh Li Tian (MAS) menang dua kali sehingga poin mereka sama 6 poin, hanya saja pada tie-break ketiga berupa Sokoff Ervan tertinggal 0,5 poin dari Son dan Yeoh. Semoga saja Ervan mampu menyumbangkan medali emas kedua bagi Indonesia. (SPnews/Mike Wangge)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button