REGIONAL

Baksos Gertak Pelayanan KB Harganas di Bengkulu Lampaui Target

Bengkulu, suarapembaruan.news –Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) tahun 2022, pemerintah melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggelar bakti sosial (Baksos) berupa pelayanan KB gerakan serentak (Gertak) pada 15-19 Juni 2022.

Gertak secara nasional tersebut, menargetkan pelayanan sejuta akseptor dengan berbagai jenis kontrasepsi. Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu menetapkan sasaran pelayanan sebanyak 12.447 peserta KB dengan kontrasepsi modern.

Dari jumlah sasaran sebanyak itu, telah dilayani sebanyak 17.974 akseptor yang tersebar di sejumlah daerah kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu, kata Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu, Rusman Efendi, di Bengkulu, Selasa (21/6/2022).

Baca Juga :  MenPAN-RB Ajak Bupati Gowa ke Azerbaijan dan Uzbekistan

“Berdasarkan laporan hasil pelayanan KB setiap kabupaten, telah diraih sebanyak 17.974 akseptor, perolehan itu melampaui sasaran hingga 144,40 persen. Diraihnya sasaran sebanyak itu diharapkan dapat mendongkrak kaulitas program KB dengan mencegah kelahiran yang tidak direncanakan serta mampu mendekatkan akses pelayanan KB kepada masyarakat, ujar Rusman.

Adapun angka capaian itu, meliputi Kabupaten Bengkulu Selatan sebanyak 2.282 peserta, Bengkulu Tengah mencapai 1.155 akseptor, Bengkulu Utara mencapai 2.922 peserta, Kabupaten Kaur sebanya 1.943.

Sementara itu pelayanan di Kabupaten Kepahiang 1.029, Kota Bengkulu 2.488, Kabupaten Lebong sebanyak 958 peserta, Mukomuko1.344 akseptor, Kabupaten Rejang Lebong1.759 dan Kabupaten Seluma mencapai 2.094 akseptor.

Baca Juga :  Gubernur Jatim Ingatkan Pentingnya Masa Depan Pangan Ditangan Milenial

Rusman menambahkan, pelayanan KB sejuta akseptor tersebut berlangsung atas kerja sama BKKBN bersama pemerintah kabupaten dan organisasi profesi bidang/Ikatan Bidan Indonesia (IBI) yang melibatkan ratusan faskes dan klinik PMB dan dokter mandiri di Provinsi Bengkulu.(SPnews/Usmin)

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button