OLAHRAGA

Tim Catur Putri Indonesia Melejit ke Urutan 9 Besar Dunia Olimpiade Catur 2022

Jakarta, suarapembaruan.news – Tim catur putri Indonesia (unggulan 33) berhasil mengukir kejutan besar babak sembilan Olimpiade Catur ke-44 yang berlangsung di Cennai, India Minggu (7/8/2022) malam.

Tim putri kebangsaan seluruh Nusantara ini dimotori oleh MI Irene Kharisma Sukandar, MI Medina Wardah Aulia, WIM Anastasia Citra Dewi, dan Mariroh Fariha.
Empat pecatur putri terbaik Indonesia ini berhasil melibas tim Spanyol dengan skor 2.5-1.5. Padahal tim putri dari Negeri Matador ini berada pada level 13 besar dunia, atau 19 level lebih tinggi dari Indonesia.

Ini terjadi di babak sembilan. Pada babak sebelumnya, babak 8, tim putri Indonesia sudah menekuk Tim catur putri dari Serbia dengan skor 2.5 – 1.5.
Dua kali kejutan itu membawa tim catur putri Indonesia semakin melenggang ke posisi makin bergengsi yakni peringkat sembilan besar dunia. Ini pencapaian yang luar biasa hebat. Masih ada dua babak lagi yang harus dilakoni tim putri Indonesia. Laporan Kristianus Liem, Ketua Binpres PB Percasi (Persatuan Catur Seluruh Indonesia), yang juga adalah mantan wartawan Majalah Olahraga Sportif era 1989-an dari Chennai, India menyebutkan pertandingan 2 babak terakhir ini menjadi pertandingan paling berat bagi tim putri Indonesia.

Baca Juga :  Jatim Juara Umum, Penyelenggaraan Pertandingan Gulat PON Papua Sukses

Apakah tim putri akan turun peringkatnya atau semakin melejit, sangat tergantung dari konsistensi penampilan tim putri kita. “Memang sangatlah berat,” sebut Kristianus Liem, Ketua Binpres PB Percasi sekaligus analisis catur yang handal bagi rekan rekan media.

Dia mengatakan, untuk pertandingan Babak 10 hari ini, Senin (8/8/2022) tim putri Indonesia akan berjumpa unggulan 7 Amerika Serikat. Pertandingannya akan dimulai pada pukul 16:30 wib, atau pukul . 15.00 wib.

Tim Putra Kandas

Sementara itu tim catur putra Indonesia harus mengaku keunggulan Norwegia di babak sembilan.
Tim putra Indonesia kalah 1-3. GM Susanto Megaranto yang berhadapan melawan juara dunia, Magnus Calsen, sempat mampu mengimbanginya sampai di langkah 29. Pada langkah ke-29 itulah Susanto membuat langkah kurang akurat. Gajahnya mundur ke petak d1, harusnya ke petak e2. Sejak itu Menteri Carlsen dapat menerobos masuk membongkar pertahanannya. Susanto menyerah langkah ke-47.

Baca Juga :  Sekolah Catur Utut Adianto Gelar Turnamen Elorating FIDE di Bekasi

Bagi pencinta catur di Indonesia, silahkan mengikuti jalannya pertandingan Olimpiade Catur putra dan putri Indonesia pada pukul 15.00 wib nanti sore lewat Indonesia Chess dipandu oleh MI Chelsie Monica dan FM Masrurie. (SPnews/Mike Wangge)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button