PENDIDIKAN

Bersama Musisi Jerman Kedokteran UGM gelar Konser Charity 

Yogyakarta, suarapembaruan.news – Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM menggelar konser charity musik klasik dengan mendatangkan musisi Jerman, Jongky Goei, Zihao Zou dan Francisco Jose Perez Perello.

Jongky Goei, musisi Jerman kelahiran Malang, Jawa Timur itu, mempersembahkan keahliannya dalam bermain piano di ruang Auditorium FK-KMK UGM pada Kamis (25/8/2022) malam.

Meski sudah menetap di Jerman, ia sering bolak balik menggelar konser amal di Indonesia sejak tahun 1990-an sebagai bentuk rasa kecintaannya pada tanah kelahirannya.

“Belum lama ini kita menggelar konser amal di Jakarta untuk anak berkebutuhan khusus yang tinggal di Toraja,” ujarnya.

Konser amal ini mulai rutin dilaksanakan sejak tahun 2018 lalu, namun sempat terhenti dua tahun karena pandemi. Jongky merupakan salah satu musisi yang selalu tampil dalam konser piano musik klasik tersebut.

Baca Juga :  Mahasiswa UMM Ubah Limbah Jagung Jadi Minuman

Bukan hanya di Indonesia, Jongky, juga menggelar konser amal di Jerman, Jepang, Afrika Selatan hingga Amerika Serikat.

Yang berbeda pada konser kali ini, Jongky berkolaborasi dengan pianis cilik, Zihao Zou (8) asal Spanyo.

Pada babak pertama, Zou dan Jongky menampilkan beberapa karya dari komposer ternama seperti Reinhold Gliere, Berkowitch, I. Albeniz, Frederic Francois Chopin. Sementara Fransisco akan memainkan karya dari Schubert, I. Albeniz dan E. Granados.

Sementara itu, Plt. Dekan FKKMK dr. Yodi Mahendradhata, M.Sc., Ph.D., mengatakan konser musik klasik di FK-KMK UGM rutin dilaksanakan sejak era tahun 80-an. Namun kegiatan konser musik untuk kegiatan kemanusiaan mulai dilakukan sejak 1018 lalu dengan menggandeng Yayasan Kanker Indonesia cabang DIY.

Rencananya hasil dari sumbangan dari konser  tersebut akan disalurkan sepenuhnya pada pasien kanker. “Kita ingin musik tidak hanya untuk menghibur, tapi juga  wahana untuk penggalangan dana,’ katanya.

Baca Juga :  Mahasiswa UMM Antisipasi Cyber Crime
Musisi Jerman, Jongky Goei, Zihao Zou dan Francisco Jose Perez Perello yang mengisi konser charity Kedokteran UGM.

Ketua penyelenggara konser amal, Prof. dr. Adi Utarini, M.Sc., MPH., Ph.D., mengatakan ide pergelaran konser musik untuk kemanusiaan bagi pasien kanker terinspirasi dari kisah hidupnya yang memiliki suami (alm. Prof. Iwan Dwi Prahasto) yang didiagnosis mengidap leukimia sejak 2004.

“Suami saya Prof Iwan penderita leukimia terdiagnosis sejak 2004. Sangat baik perkembangan sampai terkena covid-19 pada tahun 2020. Sebelumnya ia banyak beraktivitas untuk peduli pada penderita leukimia. Saya kira konser ini menjadi kesempatan yang baik bagi kita untuk kegiatan kemanusiaan,” paparnya.

Toety Lukman sebagai wakil Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) cabang DIY, menyampaikan apresiasi pada FK-KMK yang telah membantu pasien kanker yang di tampung di rumah singgah milik YKI DIY melalui konser amal tersebut. (SPnews/FSE)

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button