PENDIDIKAN

Unibraw Kediri Olah Limbah Ternak

Kediri, suarapembaruan.news – Sebanyak sembilan orang dosen Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Brawijaya, Kediri yang tergabung dalam Riset Grup Kolaboratif bersama dengan empat orang mahasiswa Prodi Agroteknologi, Prodi Agribisnis, dan Prodi Peternakan, mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang dilaksanakan selama sehari pada tanggal 9 Oktober 2022, bertempat di Perumahan Mutiara Residence Tawangsari, Desa Karangrejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, sebagai salah satu bentuk perwujudan tugas pokok Tri Dharma Dosen.

Pengabdian Kegiatan Masyarakat ini terwujud dalam pengolahan kotoran ternak yang berasal dari limbah ternak menjadi media tanam. Sekaligus dengan adanya pengolahan kotoran ternak menjadi media tanam, pemanfaatan area sempit di lingkungan padat penduduk juga menjadi poin penting dalam pengembangan taman edukasi dengan pengenalan jenis tanaman obat keluarga (TOGA) dan berbagai jenis sayur-mayur di Desa Karangrejo. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahap kedua, yang mana untuk tahap pertama telah dilaksanakan pada Agustus 2022.

Baca Juga :  Bersama Musisi Jerman Kedokteran UGM gelar Konser Charity 

Ketua kegiatan pengabdian masyarakat, Ardyah Ramadhina Irsanti Putri, M.Si., menyampaikan bahwa melalui kegiatan inilah para dosen memiliki kesempatan untuk bisa mengimplementasikan ilmu-ilmu yang dimiliki secara langsung. Mulai dari melatih kemampuan berkomunikasi dengan memberi pengarahan hingga penerapan atau aplikasi secara langsung bersama dengan masyarakat. Ketua Paguyuban di lingkungan tersebut, Frans Yonas Firdaus, mengatakan kegiatan PKM sangat bermanfaat karena menumbuhkan jiwa sosial dan kekeluargaan di kalangan masyarakat, menambah relasi, serta hasil pengabdian juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, “kami harap kegiatan PKM ini bisa dilanjutkan setiap tahun, dengan harapan semakin banyak dampak positif yang diperoleh” ujarnya. (SPnews/Aries Sudiono)

Baca Juga :  Mahasiswa UMM Juara Taekwondo Internasional

 

 

 

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button