REGIONAL

Jadi Tuan Rumah The 55th AEM, Jateng Siap Kenalkan Potensi Wisata dan Produk UMKM

Semarang, suarapembaruan.news – Provinsi Jawa Tengah bersiap menjadi tuan rumah The 55th ASEAN Economic Minister (AEM) Meeting and Related Meetings pada 17-22 Agustus 2023 besok. Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen mengatakan Pemprov Jateng bersama Polda Jateng dan stakeholder terkait telah menyiapkan berbagai hal penting dalam rangka menjaga keamanan dan kelancaran acara.

Ia menjelaskan, selain persiapan kelancaran acara, selama pelaksanaan pertemuan Para Menteri Ekonomi ASEAN ke-55 dan Rangkaian Pertemuan lainnya tersebut, Pemprov Jateng akan mengenalkan potensi pariwisata dan produk UMKM, termasuk produk UMKM halal yang ada di Jateng.

“Tentu nanti tidak hanya menawarkan potensi pariwisata tetapi juga UMKM yang perlu kita dorong yang selama ini sudah kita rekap di Dinas Perdagangan serta Koperasi dan UMKM, ditambah instruksi dari pemerintah pusat untuk memperkenalkan produk-produk halal,” kata Taj Yasin usai mengikuti apel pasukan pengamanan The 55th AEM Meeting and Related Meetings di halaman Kantor Gubernur, Selasa (15/8/2023)

Baca Juga :  Gubernur Tabur Bunga Makam Tokoh PP Lampung

Dalam kesempatan itu, wagub bersama Sekretaris Direktorat Jenderal (Ditjen) Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan RI, Ari Satria mendampingi Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi dan mengecek kesiapan personel dan alat pengamanan kegiatan.

“Karena ini kegiatan pusat, kami sifatnya hanya mendukung saja yang perlu dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Jateng, termasuk sektor pangan seperti yang kemarin diinstruksikan Menteri Pertanian,” ujar wagub.

Sekretaris Ditjen Perundingan Perdagangan Internasional Kemendag RI, Ari Satria menjelaskan, dalam kegiatan pertemuan para menteri itu, ada beberapa hal yang akan dibahas bersama. Salah satunya terkait perkembangan ekonomi digital di kawasan ASEAN. Dalam kegiatan pertemuan, juga diselenggarakan pameran berbagai produk UMKM unggulan Jateng.

“Kita nanti juga ada kegiatan pameran di lokasi pertemuan yang memamerkan produk-produk UMKM Jateng. Juga akan ada Pak Menteri Perdagangan me-launching ASEAN Online Sale Day atau dalam ekonomi digital adalah Hari Penjualan Online Produk-Produk ASEAN,” terangnya.

Baca Juga :  Unicef Apresiasi Pemprov Jateng Karena Cepat Tanggulangi Anak Terdampak Covid-19

Selain launching ASEAN Online Sale Day, berbagai kegiatan juga diselenggarakan di Jateng. Yakni gala dinner yang dilaksanakan di Kelenteng Sam Poo Kong, serta pertemuan-pertemuan penting di beberapa hotel dan tempat lain di Semarang.

Sementara itu, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan, pihaknya menerjunkan sebanyak 781 personel untuk mengamankan Pertemuan Para Menteri Ekonomi ASEAn ke-55 di Semarang. Pengamanan yang melibatkan berbagai stakeholder terkait lain, meliputi subjek, objek, dan pengawalan tempat maupun bergeraknya para menteri di Jateng.

“Untuk pelaksanaan di Jawa Tengah berlangsung tanggal 17-22 Agustus 2023. Karenanya Polda Jateng bersama stakeholder lain, yakni Pemprov Jateng, pemkab dan pemkot bahu-membahu bekerja sama dalam rangka memberikan jaminan keamanan pelaksanaan,” jelas Kapolda. (SPnews/STH).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button