Uncategorized

Tiga Hal Membuat Pemilu di Indonesia Makin Rumit

Jakarta. Suarapembaruan.news РAda tiga hal yang memiliki pengaruh besar dalam proses politik dan demokrasi di Indonesia saat ini. Tiga hal tersebut adalah politik uang, politik penjara  dan politik beradab. Politik uang adalah yang utama, kemudian politik penjara sebab jika salah-salah dan bisa dibuktikan bisa masuk penjara. Oleh karena itu dibutuhkan poltik beradab.

Tiga hal itu juga yang membuat keadaan makin rumit pada kontestasi menuju Pemilu 2024. Bahkan lebih rumit dibanding saat saya ikut menjadi peserta Pemilu sebanyak tiga kali.

Baca Juga :  Penderita Diabetes Berburu Pohon Insulin di Makassar

Hal itu dikemukakan Wakil Presiden RI ke 10 dan 12, Jusuf Kalla (JK) usai menghadiri wisuda Perdana Mahasiswa Program Pasca Sarjana Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) di Gedung Theater Fakultas B Kampus UIII Depok, Jawa Barat, Kamis, (31/8/2023).

“Saya tiga kali ikut Pemilu. Dua kali menang satu kali kalah, tidak ada serumit ini,” ungkap mantan Ketua Umum Golkar itu.

Kerumitan tersebut menurut JK karena sudah berapa bulan koalisi belum bisa bersatu. Semua karena tiga hal itu tadi, pungkasnya. (SP.news/M Kiblat Said)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button